Trading Jangan Terburu-Buru!

Belajar Bola Trading - John Clifton Bogle atau yang lebih dikenal dengan nama Jack Bogle baru saja meninggal tepatnya 16 Januari 2019 lalu. Beliau adalah salah satu investor terkenal dari Amerika. Apa nasihat terbaiknya untuk para investor, pelaku bisnis atau profesional trader di seluruh dunia? Salah satunya adalah,
Time is your friend; impulse is your enemy.

Waktu adalah teman
Ilustrasi waktu dalam hitungan jam fisik. (123RF)

Waktu adalah temanmu dan impuls adalah musuhmu.

Impuls adalah semacam dorongan hati atau hasrat yang muncul secara tiba-tiba untuk melakukan sesuatu tanpa adanya pertimbangan yang matang. Bukankah seringkali setiap kali kita trading atau menjalani hidup ini bisa muncul dorongan kapan saja untuk bertindak melakukan sesuatu? Jika dorongan itu tidak disertai oleh sebuah pertimbangan yang matang maka niscaya akan berakhir dengan sebuah kegagalan, kesalahan atau bahkan sebuah kerugian.

Kata orang, waktu adalah obat terbaik untuk menghapus dan menyembuhkan semua luka (baca: luka asmara). Tetapi waktu juga adalah teman yang baik untuk membuat kita belajar, mereview kembali perjalanan hidup kita serta berbagai hal yang sudah atau pernah kita lakukan baik secara sengaja atau tidak sengaja. Waktu juga yang akan mengajarkan kita bagaimana mencapai hidup yang lebih baik dan lebih maksimal di masa depan termasuk dalam praktek bisnis trading - apapun itu -. Kalau mau diaplikasikan dalam bisnis trading bola ini, maka cobalah introspeksi diri jika bulan ini belum berhasil atau belum maksimal. Raihlah di bulan mendatang. Apakah semua liga semua laga tanpa pertimbangan selalu kita tradingkan? Ikutilah panduan yang sudah pernah kami ajarkan. Jika musim bola kali ini belum maksimal tentu masih ada musim bola berikutnya, bukan? Mengapa harus murung, takut atau kuatir? Toh risiko 0% bukanlah sesuatu yang harus kita takutnya seolah-olah akan kehilangan modal seperti trading binary, forex, komoditi atau bahkan money game.

Bagaimana?